Perpustakaan Baru Dekat Rumah

Bulan lalu, perpustakaan dekat rumah dipindahkan ke gedung baru. Jadi sebenarnya ini perpustakaan lama. Karena pindah gedung, maka sistem dan fitur-fiturnya diperbaiki atau ditambah. Berikut adalah penampakan sekilas dari luar.

perpustakaan baru

 

Ukurannya tidak terlalu besar, sedang2 saja. Karena didalamnya juga ada ruang pertemuan dan stage kecil, maka gedungnya biasa dipanggil sebagai knowledge center.

library2

Di Sydney, perpustakaan umum/publik sebagian besar diselenggarakan oleh Local Government. Tidak seperti kota2 besar di Amerika, tidak ada pemerintahan kota tunggal yang memayungi seluruh kawasan metropolitan Sydney. Yang ada adalah Local Government kecil2 yang berdiri sendiri (seperti kecamatan/kelurahan, tapi otoritas dan kewenangannya cukup kuat sepadan dengan kota administrasi). Namanya bisa Council, bisa Municipality, atau bisa City of xxxxx, atau Shire, dan dipimpin oleh seorang Mayor (walikota). Luasnya juga beragam, ada yang sebesar kelurahan Cempaka Baru dan ada juga yang lebih besar. Jumlahnya ada hampir 40 Local Government (untuk seterusnya kita sebut saja kota administrasi) yang membentuk kawasan Sydney Metropolitan.

Kota administrasi di tempat saya tinggal luasnya sedang2 saja, kira-kira seluas kecamatan Penjaringan digabung dengan kecamatan Kalideres dan Cengkareng. Untuk kota administrasi  seluas ini, ada 5 perpustakaan yang mana perpustakaan yang diulas di sini merupakan salah satunya. Bisa dibayangkan jika rata-rata setiap kota adminstrasi mempunyai 2 perpustakaan, maka akan terdapat kira-kira 80 perpustakaan yang diselenggarakan oleh kota administrasi di seluruh Sydney. Ini belum termasuk perpustakaan yang lebih besar yang dimiliki Universitas-universitas, Pemerintahan Negara Bagian dan sekolah-sekolah.

Perpustakaan-perpustakaan ini dirawat dan dijalankan dengan baik. Teknologinya menggunakan RFID. Jadi tidak perlu ada optical scan lagi, seperti barcode. Peminjam tinggal datang mencari buku di e-katalog berupa workstation/ PC, mengambil buku di rak dan check-out pada kios-kios elektronis.

e-katalog

e-katalog dan kios checkout (di sebelah kiri)

 

rak-buku

silakan mencari buku yang diingini

 

e-checkout

peminjam check-out sendiri

Jikalau mengembalikan buku, anda tinggal datang ke drop box (tempat mengembalikan buku). Buku akan dipindai oleh RFID, dan akan tertera di layar bahwa buku (Judul buku dan id) sudah dikembalikan. Jadi tidak ada was-was lagi “ini buku sudah saya kembalikan tapi bagaimana kalau terselip di tangan petugas?”.

Drop Box

Jika telah diterima, buku yang telah dikembalikan akan tertera di layar

Secara umum, tidak diperlukan lagi petugas untuk proses peminjaman dan pengembalian material perpustakaan. Tetapi meja helpdesk tetap disediakan untuk melayani pertanyaan atau membimbing pencarian material yang lebih advance, seperti jurnal-jurnal ilmiah yang ada di perpustakaan lain atau di belahan dunia yang lain.

helpdesk

helpdesk

reading lounge

Mau baca di tempat? tidak masalah. Tempatnya nyaman.

Reading Lounge

Reading Lounge yang lain

Material yang disediakan di perpus umumnya antara lain:

– Buku
– DVD
– Majalah dan koran
– Microfiche/Microfilm
– Informasi farmasi
– Jurnal Ilmiah
– Koleksi fotografi
– Sejarah lokal
– Silsilah keluarga/ genealogy
– Musik, dll

 

Bermacam-macam aktivitas dilakukan di perpustakaan ini:

– Book Clubs
– Kelas percakapan Bahasa Inggris (untuk pendatang)
– Baby and Pre-School Rhyme time and Story time
– Tutor
– Kios Internet (kalau ngga ada internet di rumah🙂 )
– Science and hobby club
– Seminar dan Meeting
– Dan masih banyak lagi

 

Pojok Balita

Pojok Balita

Pojok Hijau

Pojok Hijau

Kalau sudah di perpustakaan rasanya malas pulang. Kalaupun lapar ada cafetaria yang bisa mengganjal perut. Kalau mengantuk, bisa tidur di sofa yang empuk Hehehe…

Mumpung lagi musimnya kampanye, coba itu ditanyakan ke kandidatnya, kapan kira-kira tiap-tiap  kelurahan/kecamatan punya fasilitas perpustakaan yang memadai. Karena perpustakaan adalah elemen penting untuk mencerdaskan warga dan bangsa pada umumnya.

 

About tikitakablog

www.facebook.com/tikitaka.fb
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Perpustakaan Baru Dekat Rumah

  1. bams says:

    saluteeee>>>, kapan kita punya??

  2. HERMAWANDI says:

    MANTAB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s