Sydney says goodbye to analogue TV

Masih ingat acara minggu siang TVRI yang menampilkan film “Little House on the Prairie”? Setelah film ini selesai, maka seluruh rangkaian acara hari itu ditutup dengan lagu Rayuan Pulau Kelapa. Ketika selesai lagu tersebut maka TV anda akan menampilkan “semut” yang menutupi seluruh layar.

TV Analog

TV Analog

Itulah pertanda bahwa TV tidak lagi mendapatkan gelombang/sinyal analog karena sudah dimatikan oleh pemancar.

Pemandangan TV dengan “semut” tersebut sekarang sudah menjadi bagian masa lalu bagi kota Sydney. Tanggal 3 Desember 2013 kemarin, seluruh sinyal analog serentak dimatikan pada pukul 9 pagi. Dan kota Melbourne akan menjadi kota terakhir Australia yang mematikan sinyal analog pada tanggal 10 Desember nanti sekaligus secara resmi dimulainya era TV digital secara penuh. Saya pernah menulis mengenai TV Digital di blog ini beberapa tahun yang lalu.

Australia sebenarnya telah memulai TV digital sejak tahun 2001. Hanya saja baru tahun 2013 ini sinyal analog dimatikan total (mulai dimatikan secara bertahap sejak tahun 2010) sehingga masyarakat bisa dengan leluasa beralih ke TV digital.

Kelebihan TV Digital sudah diulas di tulisan saya terdahulu. Yang jelas saya akan merindukan TV dengan layar bersemut karena tidak akan ada lagi seperti itu di TV digital. Selain bersemut, gangguan kualitas seperti ghosting atau mencong-mencong (distorsi) juga cuma ditemukan di era analog.

ghosting

ghosting

mencong

mencong

Pada TV digital, jika signal terputus/berkurang maka gambar hilang (hitam kelam) atau freeze/terdiam atau patah-patah seperti menonton CD rusak (tergantung manufacturer setting) seperti gambar di bawah:

broken digital signal

broken digital signal

Selamat tinggal TV analog…

About tikitakablog

www.facebook.com/tikitaka.fb
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s