Saudi Juga Bisa Salah Menentukan Tanggal Hijriyah

Track record membuktikan bahwa Kerajaan Saudi Arabia (KSA) juga bisa salah menentukan tanggal hijriyah. Bahkan kesalahan ini terjadi dalam menentukan bulan Zulhijjah yang notabene merupakan penentuan kapan hari wukuf di Arafah.

Insiden ini terjadi tahun 2007, ketika menentukan tanggal 1 Zulhijjah 1428H. Menurut keputusan “Mahkamah Agung”nya Saudi, tanggal 1 Zulhijjah 1428H jatuh pada tanggal 10 Desember 2007 karena berhasil melihat bulan hari Minggu tanggal 9 Desember 2007.  Walhasil hari wukuf/arafah adalah tanggal 18 Desember dan Iedul Adha adalah 19 Desember 2007.

Padahal, pada tanggal 9 Desember 2007 bulan tenggelam pukul 5:19 sore waktu setempat dan matahari tenggelam pukul 5:41 sore. Artinya bulan lebih dulu tenggelam ketimbang matahari. Tambahan lagi, bulan baru (ijtimak/konjungsi) baru terjadi pukul 8.40 malam tanggal 9 Desember waktu setempat. Jadi yang terlihat tanggal 9 Desember sore di langit KSA itu apa? Kuntilanak?

Inilah pentingnya memadukan antara teknologi dan syariat sebelum keluarnya keputusan (ijtihad). Secara syar’i tentu syah ketika seorang yang diserahi wewenang meng-observe hilal bersumpah/diambil sumpah dia telah melihat hilal. Padahal, secara kenyataan mustahil 100% untuk melihat bulan tanggal 9 Desember 2007 karena ijtimak belum terjadi. Ini sama saja bersumpah telah melihat matahari di Jakarta pada jam 20:00 WIB. Meskipun syah, produk keputusannya hanya akan jadi bahan cemoohan dan tertawaan karena tidak mempertimbangkan ilmu pengetahuan. Tidak masuk metode manapun baik itu hisab seperti wujudul hilalnya Muhammadiyah maupun metoda imkanur rukyat nya pemerintah RI.

Ini menjadi pelajaran berharga bagi yang terlalu “saudi-minded”. Percayalah pada kemandirian berpikir dan berijtihad kita.

About tikitakablog

www.facebook.com/tikitaka.fb
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Saudi Juga Bisa Salah Menentukan Tanggal Hijriyah

  1. Pingback: Perkiraan Idul Adha 1434H / 2013M | Tikitaka's Blog

  2. Pingback: Perkiraan Idul Adha 1435H / 2014M | Tikitaka's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s