Mencari Info Berlalu Lintas yang Benar

Mumpung lagi hangat-hangatnya ngomongin artis yang baru mengalami kecelakaan, saya ingin bertanya tentang mencari info berlalu lintas yang benar. Siapa tahu dapat info yang bagus.

Dua kali saya mengurus SIM ke kantor pulisi (yang pertama bikin baru dan yang kedua sudah mati lebih dari 1 tahun), tapi saya tidak pernah dapat informasi teknis berlalu lintas yang benar itu seperti apa. Pernah ikut ujian tertulis dan lulus (ngga tau benar-benar diperiksa atau tidak). Dari ujian tertulis itu saya lihat materinya bagus tapi sulit (kalau tidak ada buku penunjang). Saya yakin kalau ujian tertulisnya benar-benar diperiksa banyak yang tidak lulus. Saya attach beberapa soal ujian SIM yang saya dapat dari google.

Gambar soal di bawah, kira-kira anda tau jawaban yang benar? saya yakin banyak yang tidak tau.

13152669542001162736

Juga pada gambar kedua, meskipun menarik, saya yakin juga banyak yang masih salah.

1315266988427566641

Saya ingat dulu ketika kecil, ayah saya punya buku yang isinya mengenai teori serta rambu-rambu lalu lintas yang dikeluarkan oleh direktorat lalu lintas polda metro (kalau tidak salah ya, karena yang saya ingat hanya lambang direktorat itu yang seperti ada sayapnya). Saya menebak, dulu buku tersebut dibagikan bagi para calon pengemudi yang ingin ikut ujian tertulis. Sebenarnya buku seperti ini yang saya harapkan bisa didapatkan sebelum ikut ujian. Kalau tidak, buat apa ujian? dari mana kita tahu jawaban kita benar? Dan kalau jawaban kita salah, darimana kita belajar supaya next time jawabannya benar?

Saya coba cari di website2 resmi seperti http://www.lantas.metro.polri.go.id/ tapi hasilnya tidak terlalu menggembirakan. Selain informasinya begitu-begitu saja (tipikal website institusi pemerintah), tidak lengkap dan kelihatan sekali jarang di-update (paling yang update hanya RSS berita). Padahal mungkin anggaran websitenya milyaran🙂. Yang jelas saya tidak menemukan informasi berupa booklet pdf yang bisa di-download yang bisa dipakai seseorang untuk mempersiapkan ujian tertulis (mungkin saja ada, tapi saya sudah berusaha mencari dan tidak ketemu). Coba bandingkan dengan motor division california: http://www.dmv.ca.gov atau new south wales rta: http://www.rta.nsw.gov.au/ . Di situ calon pengemudi bisa menemukan dengan MUDAH dan JELAS prosedur serta bisa mendownload booklet berisi teori serta pool soal-soal ujian.

Mungkin tulisan ini aneh dan lucu bagi anda karena kita kebanyakan mungkin sim-nya hasil nembak dan tidak pernah merasa penting ujian teori. Ironis, padahal SIM itu diberikan bukan hanya sebagai tanda dia sudah bisa mengemudi, tetapi juga artinya dia sudah memahami aturan main di jalan raya. Saya punya pengalaman lucu dengan seseorang (yang sudah lama punya SIM penuh). Ketika saya tanya apa arti rambu dengan tulisan 40KM dalam lingaran merah. Dia menjawab, itu artinya panjang jalan ini 40KM🙂 Kalau sudah begini ngga kaget kita kalau jalanan tiap hari semrawut dan sering terjadi kecelakaan yang tidak perlu🙂

About tikitakablog

www.facebook.com/tikitaka.fb
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Mencari Info Berlalu Lintas yang Benar

  1. Pingback: Kenapa Banyak Kecelakaan di Jalan Raya? « Tikitaka's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s