Green… Green…

Salah satu moda angkutan unik di sydney adalah Pedapod. Kendaraan bertenaga otot ini dirancang sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan sekaligus menangkap peluang bisnis di bidang periklanan.

Teknologi dasarnya adalah modifikasi dari sepeda beroda dua ke roda tiga. Design body monocoque yang aerodinamis diletakkan di atas chassis utama kendaraan memberi ruang kepada pengendara dan penumpang. Sepintas terlihat mirip bajaj di jakarta atau tuktuk di bangkok. Tetapi perbedaan utamanya adalah tidak adanya mesin bising dan asap polusi yang dihasilkan.

Pedapod ini juga menjaring perusahaan besar lewat tawaran bisnis iklan berjalan. Body pedapod ini bisa ditempeli iklan sehingga pejalan kaki di pinggir jalan bisa membaca/melihat pesan yang sampaikan. Salah satu keuntungannya adalah pedapod ini berjalan tidak terlalu kencang. Berbeda dengan iklan yang ditempel di bis kota, kesempatan terlihatnya iklan di mata pejalan kaki lebih besar karena kecepatan rata-rata hanya sekitar 10-20km/jam. Ditambah lagi dengan keunikan design pedapod yang “eye-catching”, maka pemasang iklan berharap pesannya akan efektiv sampai ke para pengguna jalan dan trotoar.

Ongkos naik pedapod ini berkisar $5-$15 dalam kota (tergantung jarak). Orang bisa melambaikan tangan di pinggir jalan untuk menyetop atau di beberapa tempat terdapat “pedapod rank” (pangkalan). Pedapod ini pun bisa dipesan misalkan untuk keperluan tour atau acara kantor.

Nah kalau berkunjung ke sydney, jangan lewatkan kesempatan naik pedapod!

About tikitakablog

www.facebook.com/tikitaka.fb
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s