Perkiraan Ramadhan 1433H / 2012 M

Kepagian yah kalau saya posting ini? Hehe… ngga papa deh. Siapa tahu berguna.

Perkiraan untuk awal ramadhan 2012 (1433H) bagi Indonesia, kemungkinan besar ditandai dengan perbedaan klasik antara Muhammadiyah dan Pemerintah (jika masing-masing pihak belum merubah paradigmanya). Bulan baru terjadi 11:25 pagi tanggal 19 Juli. Terlalu muda untuk dirukyat sore harinya. Ketika matahari tenggelam, ketinggian hilal hanya 1.3°.  Bagi Muhammadiyah, ini sudah memenuhi kriteria wujudul hilalnya. Sedangkan bagi pemerintah yang sementara ini bersikeras imkanur rukyat di atas 2° , tidak bakal mensahkan pihak-pihak yang mengklaim berhasil melihat hilal pada tanggal 19 Juli dalam sidang itsbat. Oleh sebab itu, 99% Muhammadiyah akan berbeda memulai 1 Ramadhan dengan pemerintah. Muhammadiyah pasti akan memulai puasa tanggal 20 Juli 2012 (mulai taraweh tanggal 19 Juli), sedangkan pemerintah 99% akan memutuskan puasa tanggal 21 Juli 2012 (taraweh tanggal 20 Juli)

Bagaimana dengan Syawal?

Pemerintah dan Muhammadiyah akan bersama-sama menentukan 1 Syawal 1433H pada tanggal 19 Agustus 2012. Ini disebabkan bulan baru terjadi setelah lewat maghrib (hampir jam 11 malam WIB) tanggal 17 Agustus, sehingga tanggal 18 Agustus bulan sudah sangat besar untuk dirukyat (hilal berada di kisaran ketinggian 6.8° di jakarta ketika matahari tenggelam)

Kesimpulan: Muhammadiyah akan berpuasa penuh 30 hari pada Ramadhan 2012, sementara yang ikut pemerintah RI akan berpuasa 29 hari.

nb:
– asumsinya pemerintah/muhammadiyah tidak mengganti metode penentuan tanggal yang dipakai tahun 2011
– australia kemungkinan besar akan sama ramadhannya dengan pemerintah RI (mulai tanggal 21 Juli, berlebaran tanggal 19 Agustus)

About these ads

About tikitakablog

www.facebook.com/tikitaka.fb
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

24 Responses to Perkiraan Ramadhan 1433H / 2012 M

  1. tikitakablog says:

    ini adalah kebalikan dari ramadhan 2011. Pada ramadhan 2011, Muhammadiyah berpuasa 29 hari, yang mana pemerintah dan lainnya 30 hari. Awal ramadhan serentak sementara syawalnya berbeda. Untuk ramadhan 2012 diperkirakan Muhammadiyah akan berpuasa 30 hari dan pemerintah berpuasa 29 hari. Awal ramadhan akan berbeda sementara idul fitri 2012 akan serentak.

  2. tong mamad says:

    Mantap gan….

  3. tikitakablog says:

    Menurut kalkulasi, Muhammadiyah dan Pemerintah akan sama-sama menetapkan Iedul Adha 1433H tanggal 26 Oktober (25 Oktober wukuf). Sementara itu, ada kemungkinan Saudi Arabia menentukan wukuf 24 Oktober yang bisa mengacaukan puasa Arafah orang Indonesia (sebagian orang masih percaya kalau orang wukuf tanggal 24 Oktober 2012M, maka mereka juga akan berpuasa tanggal 24 Oktober 2912M).

  4. Shem ciledug says:

    alhamdulillah .
    walaupun tanggal puasa n lebaran pemerintah n muhamadiyah berbeda tetapii kita tetap bersyukur kepada ALLAH SWT semoga segala sesuatu nya di lancarkan & mudah-mudahan lagi kita semua di beri sehat wal’afiat panjang umur selalu bisa menjalankan perintah” ALLAH SWT & mudah-mudahan kita bisa menjalankan semuanya . Amiiiiiiiiiiiiin ya robal alamin terimakasih YA ALLAH semoga doa kita di jabah oleh MU Insyaallah subhanaullah . . . .

  5. Jofi Caniago says:

    Semoga hari raya idul fitri esok akan serentak dan tak ada perbedaan antara pemerintah dg muhammadiyah

  6. Edy sukarya says:

    Perbedaan Pendapat itu Rahmat, yang benar dapat 2 point! Jika salah ddapat 1 point. Karena kedua pendapat tsb berdasarkan ilmu.

  7. CAKRABIRU says:

    gmn sih pemerintah waktu MD puasa29 hari dianggap kurang, skrang MD 30 hari ga mau ikut. PUSIIING

  8. semoga hari raya idul fitri di tahun 2012 . akan menjadikan kehidupan anak anak remaja dan dewasa . semakin dewasa akan menjalankan ibadah ke pada allah ,, dan mengerti akan aturan” nya gusti allah swt yg maha pengasih dan maha penyayang … :)

  9. Kacer says:

    Wow artikel lama bersemi kembali :D

  10. yukana says:

    Muslim AS Tetapkan 1 Ramadhan Tanggal 20 Juli

  11. tikitakablog says:

    http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/06/21/121944/Sehari-Lebih-Awal-Muhammadiyah-Puasa-30-Hari

    BANDUNG, suaramerdeka.com – Muhammadiyah akan memulai sehari lebih awal dari ketetapan pemerintah mengenai permulaan Ramadan tahun ini. Meski demikian, Lebaran yang sebelumnya berbeda hari bakal dirayakan secara bersamaan untuk kali ini.
    Hal tersebut dikatakan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin di sela-sela pembukaan tanwir organisasi di Gedung Merdeka Bandung, Kamis (21/6). “Tahun ini, Lebarannya sama, tapi mengawali Ramadannya berbeda, Muhammadiyah lebih awal,” tandasnya.
    Menurut Din, perbedaan tersebut tak perlu dipermasalahkan. Hal itu didasari keyakinan keagamaan terutama masih adanya perbedaan dalam cara menentukannya. Perbedaan ini hendaknya disikapi dengan penuh toleransi. “Bagi Muhammadiyah, 1 derajat itu sudah datang hilal. Bagi pemerintah mungkin belum karena harus dilihat dulu. Jadi tak usah dibesar-besarkan,” katanya.
    Dengan demikian, warga ormas keagamaan terbesar itu diperkirakan akan memulai aktivitas puasanya pada 20 Juli mendatang. Lebaran sendiri jatuh pada 19 Agustus 2012. Sekretaris PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menambahkan penetapan permulaan bulan puasa didasarkan hasil perhitungan hisab majelis tarjih Muhammadiyah.
    “Kalau biasanya hari rayanya lebih dulu, sekarang puasanya yang lebih dulu. Kami satu hari lebih dulu. (Karena kali ini) kami puasanya selama 30 hari sedangkan pemerintah 29 hari,” imbuhnya.
    Dengan kondisi tersebut, Abdul Mu’ti pun berharap masyarakat dapat menyikapinya secara wajar sebagai bagian kemajemukan umat. “Dapat saling menghormati, ikut bersama-sama memberikan kesempatan menunaikan ibadah secara khusuk dan sempurna,” tuturnya.

  12. asep setiawan says:

    yaa…
    walau berbeda yg terpanting ibadah
    Allah maha tau
    jgn jadikan perbedaan suatu yg bisa memecahkan umat

  13. banguns says:

    klo saya cih tanggal 20.. hehe..

  14. fira says:

    sesuai prediksi saya juga, :D

  15. tanya donk kl 1 muharam yg jatuh di tgl 15 november 2012 kira2 bakal geser ga y?
    insyaallah hr kamis, tgl 15 november 2012 rencananya aq n pasangan mau ngelangsungkan resepsi, mohon pencerahannya y teman2

    • tikitakablog says:

      Dari perhitungan, bulan mendekati 6 derajat di atas ufuk tanggal 14 November 2012. Jadi tanggal 1 Muharam itu dari metode apapun akan sepakat jatuh tanggal 15 November. Tapi jangan takut mbak, 1 Muharam yang tanggal merah itu tidak bakal berubah meskipun (misalkan) ada pertentangan antara Muhammadiyah atau Pemerintah. Kenapa? karena tidak ada signifikansinya untuk masalah ibadah. Beda dengan menentukan puasa atau hari raya yang berkaitan dengan rangkaian ibadah. Intinya, aman kok menikah tanggal 15 November (tanggal merah) / gak bakalan bergeser tanggal merahnya :) Jangan lupa undang2 saya ya nikahnya ke: facebook.com/tikitaka.fb :-P

    • tikitakablog says:

      Pemaparan yang apik. Tetapi, saya rasa penekanan kata “kepastian” bisa ditelurkan dari kesamaan persepsi tentang kriteria metode tersebut. Saya melihat imkanur rukyat adalah solusi jalan keluar kebuntuan antara murni rukyat dan murni hisab. Yang perlu ditajamkan adalah penetapan kriteria yang pasti setelah pakar astronomi dan ahli syariat duduk bersama dalam satu team mengamati hilal setiap bulannya sepanjang beberapa puluh tahun, kemudian dibuat statistik. Kalau hasil statistik sudah keluar (semakin lama mengamati, misalkan ratusan tahun) maka angka kriteria yang keluar akan mendekati kepastian. Tetapi yang terjadi sekarang adalah tidak ada team yang duduk bersama. Masing2 jalan sendiri menentukan kriteria sebuah metode seperti imkanur rukyat. Inilah, IMHO, yang menyebabkan ketidak pastian.
      salam2.

  16. mrosyid says:

    Duh lebaran kali ini ga bisa mudik nih…..Insya Allah lebaran tahun depan…amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s